Tips Memilih Helm Sesuai Safety Riding

Tips Memilih Helm Sesuai Safety Riding di Blog Motor Moladin- Helm adalah salah satu perlengkaoan berkendara yang harus kita kenakan ketika mengendarai sepeda motor. Bahkan ketentuan penghunaan helm ini diatur dalam Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Oleh karena itu, penggunaan helm ini wajib dan samgat penting. Jangan asal gaya menggunakan helm, pilihlah helm yang seeuai dengan standar safety riding karena tujuan utama penggunaan helm ini adalah untuk melindungi. Lalu, bagaiman cara memilih helm yang sesuai? Berikut ini kami siapkan tipsnya:

Pastikan Helm Berstandar SNI

Untuk menjamin keselamatan penggunanya, pilihlah helm yang telah memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI). Biasanya label ini bis akita temukan di bagian belakang hem baik berupa stiker maupun emblem. Selain itu, ada beberapa helm yang memiliki label DOT (Department of Transportation), ini merupakan standar yang digunakan di Amerika Serikat dan jika ada label ini maka dipastikan helm tersebut sama amannya dengan yang berlabel SNI. Nah, jika ingin mencari helm SNI, Anda dengan mudah akan menemukannya di blog motor Moladin, karena semua helm yang ditawarkan telah bestandar SNI.

Sesuaikan Ukuran Helm  Kepala

Selanjutnya, hal penting yang perlu diperhatikan ketika milih helm adalah ukurannya. Seperti baju, helm dipasara juga memiliki ukuran dari mukai S, M, L, dan XL. Pilihlah helm dengan ukuran yang pas, jangan kebesaran ataupun kekecilan. Jika salah ukuran, nantinya helm akan tidak nyaman digunakan dan malah akan mengganggu konsentrasi Anda ketika berkendara yang tentu berbahaya bagi keselamatan.

Sesuaikan Jenis Helm dengan Kebutuhan

Di pasaran pada dasarnya terdapat dua jenis helm yaitu full face dan half face. Anda dapat dengan mudah menemukan jenis-jenis helm tersebut dengan desain yang menarik di Moladin Blog motor terlengkap di Indonesia. Memilih helm sesuai kebutuhan  penting dipertimbangkan jangan asal model atau desain helm nyanyang bagus atau kekinian. Misalnya, jika diperintukan untuk perjalanan jarak jauh sebaiknya pilihlah helm full face. Selain itu, jika Anda menggunakan motor sport diatas 150cc ataupun motor trail, ada baiknya untuk menggunakan helm jenis full face.

Kemudian, jika hanya diperuntukan untuk penggunaan jarak dekat misalnya untuk bepergian ke kantor, kampus, sekolah, dan lain-lain, kiranya cukup menggunakan helm half face. Helm jenis ini lebih praktis karena mudah dibuka. Selain itu, helm half face ini cocok digunakan bila mengendarai motor matic ataupun bebek

Perhatikan Strap Helmnya

Selain ukurannya, kenyamanan helm juga bisa ditentukan dari strap atau tali oengikat pada helm. Pilihlah helm yang strapnya fleksibel, artinya tidak terlalu mencekik ataupun terlalu longhar. Biasanya helm standar SNI, telah memiliki strap yang sesuai jadi Anda tak perlu ragu lagi. Selain itu, pilihlah helm dengan strap yang kuat. Hal ini bertujuan agar Anda nyamandan tetap aman selama berkendara.

Itulah tips mengenai cara memilih helm yang sesuai dengan standar safety riding. Cari tahu berbagai informasi mengenai helm dan motor hanya di blog motor Moladin. Selalu aman berkendara, semoga bermanfaat!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>